Welcome To adzgens Zone

sekaLi hidup..trus hidup..

Teknologi Telepon Seluler (10108091, 10108097, 10108119, 10108135)

Posted by Vinz pada 25 Maret 2009

Dampak Positif & Dampak Negatif serta solusinya dari dampak teknologi telepon seluler

  • Dampak Positif :
  1. Mempermudah kita untuk berkomunikasi tanpa harus bertatap muka (ketemu langsung dengan yang kita ajak berkomunikasi ^_^ ). Bahkan ada sebagian telepon seluler yang memiliki fitur 3G sehingga kita bisa berkomunikasi sekaligus bertatap muka dengan yang kita ajak bicara.
  2. Menambah pengetahuan tentang perkembangan teknologi.
  3. Memperluas jaringan persahabatan.
  4. Ada beberapa telpon seluler yang memiliki multi fungsi, sehingga memudahkan kita untuk melakukan sesuatu hal. Misalnya mendokumentasikan sebuah moment dengan fitur kamera atau video, untuk entertainment (hiburan) seperti dengerin musik, nonton tv, main game dan lain sebagainya. Bahkan nge-Net dan browsing pun bisa dilakukan dengan menggunakan telepon seluler.
  • Dampak Negatif :

Berbagai penelitian tentang kemungkinan dampak negatif yang ditimbulkan karena pemakaian telepon selular terus dilakukan. Hasilnya, sejauh ini, masih pro dan kontra. Sebab, belum ada sebuah penelitian yang sangat komprehensif yang bisa mengungkapkan dampak apa saja yang bisa timbul akibat pemakaian handphone.

  1. Bisa mempengaruhi fungsi kerja otak manusia. Salah satu penelitian terbaru tentang dampak negatif ponsel baru-baru ini dilakukan oleh sejumlah peneliti dari Australia, Inggris, dan Belanda dan dipublikasikan di International Journal of Neuroscience. Dalam rilis yang dimuat di jurnal itu dikatakan bahwa penggunaan handphone bisa mempengaruhi fungsi kerja otak manusia. Salah satu dampak negatifnya adalah melemahnya daya kerja otak atau istilah anak muda sekarang yakni lemot (lemah otak). Penelitian ini melibatkan setidaknya 300 orang yang diteliti dalam jangka waktu yang cukup panjang, yakni 2,4 tahun. Responden tersebut dibagi dalam tiga kategori, yakni 100 orang yang menggunakan ponsel rutin, 100 orang tidak menggunakan ponsel dan 100 orang lagi hanya kadang-kadang menggunakan ponsel. Kemudian, dalam kurun waktu tersebut, beberapa kali ke-300 responden itu diukur perbedaan aktivitas otaknya dengan metode quantitive electroencephalographic (EEG). Hal lain yang diteliti adalah fungsi neuropsikologi seperti perhatian, memori, fungsi pelaksana dan kepribadian. Hasilnya, pengguna handphone yang rutin menunjukkan aktivitas otaknya melemah. Meski begitu, menurut Brainclinics Diagnostics, salah satu pihak yang ikut dalam riset ini, dampaknya bagi kesehatan secara menyeluruh belum terungkap secara detail.
  2. Mengganggu Perkembangan Anak. Dengan canggihnya fitur-fitur yang tersedia di hand phone (HP) seperti : kamera, permainan (games) akan mengganggu siswa dalam menerima pelajaran di sekolah? Tidak jarang mereka disibukkan dengan menerima panggilan, sms, miscall dari teman mereka bahkan dari keluarga mereka sendiri. Lebih parah lagi ada yang menggunakan HP untuk mencontek (curang) dalam ulangan. Bermain game saat guru menjelaskan pelajaran dan sebagainya. Kalau hal tersebut dibiarkan, maka generasi yang kita harapkan akan menjadi budak teknologi.
  3. Rawan terhadap tindak kejahatan. Ingat, pelajar merupakan salah satu target utama dari pada penjahat.
  4. Sangat berpotensi mempengaruhi sikap dan perilaku siswa. Jika tidak ada kontrol dari guru dan orang tua. HP bisa digunakan untuk menyebarkan gambar-gambar atau video yang mengandung unsur porno dan sebagainya yang sama sekali tidak layak dilihat seorang pelajar.
  5. Pemborosan. Dengan mempunyai HP, maka pengeluaran kita akan bertambah, apalagi kalau HP hanya digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat maka hanya akan menjadi pemborosan yang saja.
  • Solusi untuk menghindari dampak negatif dalam menggunakan telepon seluler.
  1. Gunakanlah telepon seluler anda seperlunya untuk mengurangi Efek radiasi yang ditimbulkan dalam penggunaannya.

  2. Hemat dan cermat dalam melakukan hal-hal yang berhubungan dengan pulsa. Serta bijaksanalah dalam menggunakannya.

  3. Bagi pelajar, kontrol dari guru dan orang tua juga perlu dilakukan, beri mereka pemahaman-pemahaman agar mereka tidak melakukan hal-hal yang menyimpang sehingga mempengaruhi pola pikir mereka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: